Skip to main content

Apa itu Komputer?

Apa itu Komputer?

Sebuah komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi, atau data. Ia memiliki kemampuan untuk menyimpan, mengambil, dan memproses data. Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda dapat menggunakan komputer untuk mengetik dokumen, mengirim email, bermain game, dan browsing Web. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengedit atau membuat spreadsheet, presentasi, dan bahkan video.

Hardware vs software

Sebelum kita berbicara tentang berbagai jenis komputer, mari kita bicara tentang dua hal semua komputer memiliki kesamaan ada hardware dan software.
Hardware adalah bagian dari komputer Anda yang memiliki struktur fisik, seperti keyboard atau mouse. Ini juga mencakup semua bagian internal komputer, yang dapat Anda lihat pada gambar di bawah.

Software adalah setiap set instruksi yang memberitahu perangkat keras apa yang harus dilakukan dan bagaimana melakukannya. Contoh perangkat lunak termasuk web browser, permainan, dan pengolah kata. Di bawah, Anda dapat melihat gambar dari Microsoft PowerPoint, yang digunakan untuk membuat presentasi

Segala sesuatu yang Anda lakukan di komputer Anda akan bergantung pada hardware dan software. Misalnya, sekarang Anda dapat melihat pelajaran ini di web browser (software) dan menggunakan mouse (hardware) untuk klik dari halaman ke halaman. Ketika Anda belajar tentang berbagai jenis komputer, tanyakan pada diri sendiri tentang perbedaan dalam perangkat keras mereka. Ketika Anda maju melalui tutorial ini, Anda akan melihat bahwa berbagai jenis komputer juga sering menggunakan berbagai jenis perangkat lunak.

Ada Berapa jenis Computer ?

Ketika kebanyakan orang mendengar kata komputer, mereka berpikir dari komputer pribadi seperti desktop atau laptop. Namun, komputer datang dalam berbagai bentuk dan ukuran, dan mereka melakukan banyak fungsi yang berbeda dalam kehidupan kita sehari-hari. Ketika Anda menarik uang tunai dari ATM, memindai bahan makanan di toko, atau menggunakan kalkulator, Anda menggunakan jenis komputer.

komputer desktop


Banyak orang menggunakan komputer desktop di tempat kerja, rumah, dan sekolah. komputer desktop dirancang untuk ditempatkan di meja, dan mereka biasanya terdiri dari beberapa bagian yang berbeda, termasuk kasus komputer, monitor, keyboard, dan mouse.

komputer laptop

Tipe kedua komputer Anda mungkin akrab dengan adalah komputer laptop, yang biasa disebut laptop. Laptop adalah komputer bertenaga baterai yang lebih portabel dari desktop, memungkinkan Anda untuk menggunakan mereka hampir di mana saja

komputer tablet


komputer tablet atau tablet adalah komputer genggam yang lebih portabel dari laptop. Bukan keyboard dan mouse, tablet menggunakan layar sentuh yang sensitif untuk mengetik dan navigasi. IPad adalah contoh dari sebuah tablet.

Servers

Server adalah sebuah komputer yang menyajikan informasi ke komputer lain di jaringan. Misalnya, setiap kali Anda menggunakan Internet, Anda sedang melihat sesuatu yang tersimpan di server. Banyak bisnis juga menggunakan file server lokal untuk menyimpan dan berbagi file secara internal.

Jenis lain dari komputer

Berikut adalah beberapa contoh umum :
  • Smartphone: Banyak ponsel dapat melakukan banyak hal komputer dapat melakukan, termasuk browsing internet dan bermain game. Mereka sering disebut smartphone.
  • Wearables: Teknologi Wearable adalah istilah umum untuk sekelompok perangkat-termasuk pelacak kebugaran dan smartwatches-yang dirancang untuk dipakai sepanjang hari. Perangkat ini sering disebut dapat dikenakan untuk pendek.
  • Game consoles : Sebuah konsol permainan adalah jenis khusus dari komputer yang digunakan untuk bermain video game di TV Anda.
  • TV: Banyak TV sekarang termasuk aplikasi-aplikasi atau-yang memungkinkan Anda mengakses berbagai jenis konten online. Misalnya, Anda dapat melakukan streaming video dari internet langsung ke TV Anda. 

Comments